Cara Menanam Cabe Keriting Di Polybag di Rumah

Cara Menanam Cabe Keriting – Chili pepper atau cabe merupakan tanaman yang berasal dari genus Capsicum. Cabe termasuk dalam golongan sayuran dan rempah, yang dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap pada makanan.

Cabe merupakan komoditas pertanian yang tinggi permintaan sehingga pada waktu tertentu harga cabe dapat melambung tinggi. Karena kebutuhan akan cabe sangat tinggi dan cabe salah satu bahan wajib dalam menu makanan orang Indonesia tentu saja jika ketersediaan dipasar minim harga akan melambung tinggi.

Oleh karena itu banyak orang melakukan budidaya cabe di rumahnya, baik untuk di jual di pasar ataupun hanya untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Untuk menghemat tempat kita juga bisa menanam cabe keriting dalam polybag.

Seperti yang kita ketahui ada berbagai macam jenis cabe yang bisa kita temukan, kali ini kita akan mencoba menanam cabe keriting dalam polybag.

Cara Menanam Cabe Kriting Dalam Polybag

Cabe dapat tumbuh pada ketinggian 0-2000 meter di atas permukaan laut dengan suhu 24 hingga lebih dari 27 derajat celcius. Berikut ini cara menanam cabe keriting di polybag :

Alat dan bahan

  1. Benih Cabe Keriting
  2. Siapkan media tanam polybag
  3. Siapkan pupuk kompos : cara membuat pupuk kompos
  4. Polybag
  5. Air

Proses penyemaian cabe keriting

  1. Untuk penyemaian benih cabe keriting dapat memanfaatkan petakan tanah dan buatlah media tanam dengan campuran pupuk kompos yang diaduk hingga rata. Ketebalan petakan tanah tidak lebih dari 5 hingga 10 cm dan diatas petakan tanah buatlah larikan dengan jarak 10 cm.
  2. Sebarkan benih cabe keriting ke dalam media dengan jarak dengan jarak 7,5 cm. Siramlah dengan air secukupnya, lalu tutup larikan tersebut menggunakan karung basah atau kain basah selama 3 hingga 4 hari.
  3. Setelah benih cabe keriting muncul kecambah atau tunggu sampau berukuran sekitar 5 cm, lalu bibit cabe keriting dapat dipindah pada media polybag yang sudah disiapkan.

Cara menanam cabe keriting

  1. Persiapkan polybag dengan ukuran di atas 30 cm agar memudahkan menopang tanaman. Mengingat tanaman cabe keriting mempunyai beban yang cukup berat nantinya.
  2. Buatlah media tanam dengan campuran tanah dan pupuk kompos dengan komposisi 1:2. Buatlah campuran tanah sampai tekstur sehalus mungkin.
  3. Buatlah lubang pada media tanam di polybag dengan kedalaman 5 sampai 7 cm. Lakukan pemindahan bibit cabe keriting pada media tanam saat pagi atau sore hari, karena sinar matahari tidak begitu terik sehingga tanaman akan tidak mudah layu.
  4. Pada masa pertumbuhan, lakukan proses penyiraman secara rutin, maksimal 3 hari sekali. Saat matahari terik lakukan penyiraman setiap hari.
  5. Lakukan perompesan atau pemotongan daun atau ranting muda pada tunas muda yang tumbuh di ketiak daun. Kegiatan ini dilakukan saat hari ke-20 setelah masa penanaman. Perompesan berguna untuk mencegah tanaman tidak tumbuh menyamping.
  6. Berikan pupuk secara rutin agar cabe keriting cepat berbuah dan berbuah lebat.
  7. Pencegahan hama dan penyakit pun harus diperhatikan agar tanaman cabe keriting tumbuh dengan subur dan sehat.

cara menanam cabe keriting dalam polybag

Foto : https://web.facebook.com/ethi.tresna

Umumnya cabe berbuah pada umur 5 hingga 6 bulan, hal ini tergantung bagaimana cara merawatnya dan pemberian nutrisi pada cabe. Cabe keriting siap dipanen apabila sudah memiliki warna merah dan memiliki garis hijau.

Nah itulah tadi resep budidaya cabe keriting dalam polybag yang bisa dicoba di rumah masing-masing.

Source: caramenanam.org

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*