Panduan Praktis Cara Menanam Seledri Organik dalam Polybag

Cara Menanam Seledri – Panduan teknis cara menanam seledri di dalam pot ini merupakan hasil dari pengalaman beberapa petani. Seperti yang telah diketahui seledri merupakan sejenis sayuran yang banyak digunakan sebagai lalapan, bahan makanan, bahkan bisa dijadikan sebagai obat herbal. Tanaman seledri memiliki nama ilimiah Apium graveolens termasuk dalam keluarga Umbelliferae.

Budidaya tanaman seledri sangat cocok untuk dilakukan di daerah dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1000-1200 meter dari permukaan laut. Tetapi tanaman ini juga bisa dibudidayakan di dataran rendah, meski hasilnya kurang optimal. Seledri merupakan jenis tanaman yang tidak tahan terhadap curah hujan tinggi.

Jenis lahan tanam yang cocok untuk membudidayakan tanaman ini adalah tanah yang gembur dan mengandung banyak bahan organik. Tanaman seledri juga bisa tumbuh baik bila keasaman tanah pH 5,5-6,5. Apabila tingkat keasaman tanah terlalu tinggi, gunakan kapur atau dolomit untuk medapatkan pH yang sesuai.

Cara Menanam Seledri dengan Media Polybag

Cara Menanam dan Budidaya Seledri

Cara Menanam dan Budidaya Seledri tokopedia.com

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak tanaman seledri, yakni dengan cara generatif (dengan biji) dan menggunakan cara vegetatif (dari anakan). Budidaya seledri dengan sistem vegetatif biasanya dilakukan dalam skala luas atau untuk komersial. Sedangkan untuk skala pekarangan bisa menggunakan perbayakan sistem vegetatif, karena lebih mudah untuk dilakukan.

Untuk melakukan perbanyakan dengan sistem vegetatif biasanya bibit berupa biji akan disemaikan terlebih dahulu sebelum dipindahkan ke dalam media tanam ssperti pot atau polybag. Untuk melakukan perbanyakan vegetatif bisa Anda lakukan dengan cara berikut.

  • Sebelum biji seledri disemaikan, rendam terlebih dahulu dalam air hangat dengan suhu 50-60 derajat celsius selama 1 jam
  • Siapkan tempat persemaian berupa baki semai atau membuat bedengan. Media semai dibuat dari campuran kompos dan tanah yang telah diayak dengan perbandingan 1:2
  • Tutup bedengan dengan menggunakan plastik bening pada bedengan semai untuk melindungi tanaman dari panas matahari dan kucuran air hujan secara langsung
  • Buatlah alur guritan pada bedengan dengan kedalaman 0,5 cm dengan jarak alur antara 10-20 cm. Kemudian tebarkan benih seledri ke dalam alur guritan yang telah dibuat. Tutup tipis dengan tanah kemudian siram air agar tanah menjadi lembab
  • Untuk menjaga bedengan agar tetap lembab, lakukan penyiraman dengan air setiap pagi dan sore. Usahakan media semai jangan terlalu kering dan jangan terlalu basah juga
  • Setelah bibit berusia 1 bulan setelah masa tanam, akan mulai tumbuh 3-4 helai daun berati bibit siap dipindahkan ke media tanam

Perbanyakan vegetatif pada tanaman seledri biasanya dilakukan apabila sebelumnya telah memiliki tanaman seledri. Cara melakukan perbanyakan cukup mudah yakni dengan mengambil anakan seledri dalam satu rumpun seledri yang sudah ada. Pindahkan anakan tersebut ke dalam media tanam pot atau polybag. Selanjutnya tanaman akan tumbuh besar dan menghasilkan banyak anakan baru.

Setelah bibit seledri sudah siap dipindahkan ke media tanam, siapkan wadah dari pot atau polybag dengan ukuran sedang. Isi dengan media tanam yang terdiri dari campuran kompos, arang sekam dan tanah dengan perbandingan 1:1:!. Ayak media tanam tersebut agar mempunyai porositas yang baik dan bobotnya menjadi lebih ringan sehingga pot atau polybag mudah untuk dipindahkan.

Bila Anda kesulitan untuk mendapatkan arang sekam, bisa menggunakan sekam padi, serbuk gergaji, atau jerami padi. Usahakan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat media tanam bebas dari hama dan penyakit.

Perawatan Budidaya Seledri

Cara Merawat Tanaman Seledri

Cara Merawat Tanaman Seledri – kecantikanwajahalami.com

Dalam budidaya seledri diperlukan beberapa perawatan agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Lakukan penyiraman setiap pagi atau sore sampai tanaman berumur satu minggu. Setelah masa tersebut, penyiraman dilakukan 2-3 kali saja dalam seminggu. Tetapi bila kondisi media tanam kering segera lakukan penyiraman untuk menjaga kelebaban tanah.

Cara menanam seledri organik bisa dengan memberikan pupuk organik cair pada saat pemupukan susulan. Pupuk organik bisa didapatkan di beberapa toko pertanian dengan berbagai merk. Selain pupuk cair, Anda juga bisa menggunakan pupuk kompos, pupuk kandang, dan pupuk hayati.

Untuk pemupukan bisa dengan mengencerkan pupuk organik cair sebelum disiram ke tanaman. Untuk 10 ml pupuk cair diencerkan dengan 1 liter air. Atau Anda bisa mengikuti petunjuk yang ada dikemasan pupuk. Untuk setiap polybag berikan 100 ml pupuk organik yang telah diencerkan. Pemupukan dilakukan setiap 2 minggu sekali.

Ada beberapa jenis hama yang sering menyerang tanaman seledri yakni ulat tanah, kutu, keong, dan tungau. Hama tersebut bisa dihilangkan dengan cara manual yakni memungkut langsung hama tersebut dan memunaskannya.

Sedangkan untuk penyakit yang sering menyerng seledri adalah virus aster yellow, bercak septoria, dan cercospora. Lakukan pencegahan sejak dini agar tanaman tidak sampai terkena penyakit tersebut. Pencegahan bisa dilakukan dengan menggunakan bibit unggul serta pemberian pupuk agar tanaman mempunyai kekebalan terhadap penyakit.

Panen Budidaya Seledri

Panen Budidaya Seledri

Panen Budidaya Seledri – squarespace.com

Panen budidaya seledr bisa dilakukan setiap saat. Biasanya seledri bisa mulai dipanen ketika berumur 1-3 bulan setelah masa tanam. Pertumbuhan seledri akan mencapai maksimal setelah daunnya rimbun dan memiliki anakan yang banyak.

Pemanenan dengan cara memotong pangkal batang secara periodik. Pemanenan bisa dilakukan setiap 1-2 minggu sekali. Panen sudah tidak bisa dilakukan apabila pertumbuhan anakan sudah tidak produktif lagi.

Itulah beberapa ulasan tentang cara menanam seledri dengan media pot atau polybag. Semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda yang hobi dengan budidaya tanaman. Oh ya, Anda bisa membaca artikel lain tentang cara menanam kacang panjang dengan teknik mudah.

Source: caratanam.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*